Road To 25th Tupperware Indonesia

04.03.2016
Visual

Memasuki tahun ke-25 kehadirannya di Indonesia “Silver Jubilee”, Tupperware telah berhasil menjadi Top of Mind sebagai produk houseware solution premium Terbaik di Indonesia. Hingga saat ini, Tupperware Indonesia memiliki 74 Distributor dan lebih dari 240 ribu independence sales force yang didominasi oleh kaum wanita yang tersebar di seluruh Indonesia. Tupperware akan terus mendukung pemberdayaan wanita dengan menularkan dan membangkitkan rasa percaya diri akan kemampuan dan potensi para wanita di Indonesia.

Di tahun 2013, Tupperware melakukan studi untuk mengkuantifasi dampak Tupperware bagi kehidupan wanita yang bergabung di Tupperware. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa Tupperware telah memberikan efek positif dalam kehidupan wanita-wanita yang bergabung. Sebanyak 97% diantaranya merasakan perubahan positif terhadap kondisi finansialnya, 48% merasa lebih percaya diri bahwa mereka memiliki kemampuan untuk meraih impian mereka. Sedangkan, 45% dari responden juga merasa bahwa sekarang mereka lebih dihargai dan dipandang di rumah atau keluarga besar. Satu hal menarik yang ditemui dari studi ini yakni sebanyak 57% mengatakan bahwa di Tupperware mereka memiliki kesempatan untuk mengubah hidup orang lain menjadi lebih baik.

Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap kaum wanita, sejak tahun tahun 2008 hingga saat ini, Tupperware Indonesia memiliki program televisi inspirasional Tupperware SheCAN!. Program sosial Tupperware ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kami bagi wanita Indonesia, agar percaya diri dan memberdayakan potensi yang dimiliki untuk memberi kebahagiaan dan manfaat bagi keluarga, lingkungan dan masyarakat. Hingga saat ini, Tupperware menampilkan 328 wanita inspiratif dari seluruh Indonesia. Di Desember 2015 lalu, untuk yang ke 4 kalinya, Tupperware menggelar acara penghargaan bagi 57 wanita inspiratif Tupperware SheCAN! dari berbagai bidang yang mereka tekuni yang telah memberikan dampak luar biasa terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Tupperware Indonesia juga berharap melalui program SheCAN! ini, masyarakat luas terutama para wanita Indonesia bisa terinspirasi dengan segala kebaikan yang dilakukan para wanita SheCAN! tersebut. She Can! You Can!.

Tupperware solusi gaya hidup modern, sehat dan peduli lingkungan

Tupperware merupakan perusahaan yang memberikan solusi gaya hidup modern, sehat dan peduli lingkungan yang diwujudkan tak hanya melalui produk-produknya yang inovatif, juga melalui kegiatan-kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) diantaranya adalah kegiatan kepedulian Tupperware terhadap lingkungan melalui program “MyBaby Tress” bekerjasama dengan World Wide Fund (WWF) Indonesia melakukan penanaman 2000 pohon di tahun 2012 di area Daerah Aliran Sungai (DAS), Gunung Tikukur, Jawa Barat. Dilanjutkan, tahun 2013 Tupperware Indonesia mendedikasikan 10.000 pohon mangrove untuk ditanam di Muara Gembong, Bekasi Jawa Barat dan Lam Ujung, Aceh Besar. Selain itu pada tahun yang sama Tupperware Indonesia melakukan penanaman 1600 mangrove di Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Di tahun 2014 dan 2015 Tupperware Indonesia kembali menyelenggarakan penanaman 5.000 pohon mangrove di Pantai Muara Gembong Bekasi, Teluk lamong Surabaya dan Suaka Margasatwa Muara Angke. Program ini bekerjasama dengan Pemerintah DKI Jakarta, Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara (GPTP), Pemerintah Kota Surabaya, dan Gabungan Organisasi Wanita di Surabaya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka mata publik tentang pentingnya air bersih, guna mendorong mereka untuk mengurangi sampah dan membantu mengurangi polusi laut dan pantai.

Mengawali tahun 2016 ini Tupperware Indonesia juga meluncurkan kampanye “Tupperware Bawa Bekal” sejak bulan Februari hingga puncaknya di Hari bekal Nasional yang jatuh di tanggal 12 April. Kampanye ini bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup sehat, hemat dan turut melestarikan lingkungan dengan mengurangi pemakaian sampah plastik kemasan makanan minuman sekali pakai melalui kebiasaan membawa bekal dari rumah. Kampanye ini sekaligus upaya Tupperware dalam mendukung gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020.

Selain program peduli lingkungan, program CSR lainnya yang telah dilakukan Tupperware Indonesia adalah Program AKU ANAK SEHAT (AAS), yang diawali tahun 2007 di Jakarta. Program AAS ini adalah memberikan pendidikan kesehatan kepada anak-anak khususnya anak-anak SD untuk hal-hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan sebelum makan dan membawa bekal dari rumah. Kini, selama delapan tahun terakhir AAS sudah menjangkau lebih lebih dari 3000 sekolah, 350.000 murid dan 39.000 guru di seluruh Indonesia. Dalam program ini Tupperware memberikan tempat sampah dan juga wastafel untuk cuci tangan kepada sekolah-sekolah tersebut.

Terdapat pula, Program Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) yang dilakukan rutin setiap tahun sejak tahun 2010 . Kegiatan ini merupakan pengamalan filosofi Caring dan Sharing kepada sesama. Kesempatan untuk mendonorkan darah dibuka untuk umum dan tahun 2015 lalu penyelenggaraan donor darah dilakukan serentak di 24 kota di seluruh Indonesia bertepatan dengan ulang tahun Tupperware Indonesia yang ke-24.

Culinary Company

Selama ini, masyarakat Indonesia mengenal Tupperware sebagai perusahaan dengan produk houseware solution Terbaik. Dan kini, menginjak usianya yang ke-25 tahun, Tupperware Indonesia ingin menegaskan posisinya sebagai Culinary Company. Tak hanya sebagai solusi untuk gaya hidup kaum urban yg modern, sehat dan ramah lingkungan. Sesuai dengan misi globalnya sebagai culinary company Tupperware saat ini sudah meluaskan rangkaian produknya lewat kategori cookware atau produk-produk Tupperware Tchef series dan produk-produk lainnya diluar wadah plastik untuk penyimpanan. Beragam inovasi produk telah dilakukan Tupperware guna menjawab kebutuhan masyarakat. Mulai dari produk kitchen organizer salah-satunya Rice Smart (wadah inovatif penyimpanan beras), produk kitchen preparation seperti Turbo Chopper yang mampu menghasilkan 288 cacahan kurang dari 15 detik tanpa listrik.

“Kedepannya kami ingin dikenal sebagai "culinary company" yang memberikan solusi cerdas untuk semua kebutuhan penyimpanan, penyiapan dan kebutuhan masak memasak keluarga-keluarga di Indonesia,” ungkap Nining W. Pernama, President Tupperware Indonesia dan Vice President Sales Development Asia Pacific.

Tupperware akan terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk relevan dan memperbanyak demo produk yang disertai Cooking demo maupun Cooking class sebagai pengembangan Tupperware Party. Selain itu, Tupperware akan memperbanyak spot untuk memberikan kesempatan kepada konsumen merasakan "Tupperware Experience" dan cooking demo atau cooking class di banyak lokasi strategis yg mudah dijangkau, dengan konsep dan nama Tupperware Studio.

“Saya membayangkan suatu saat Tupperware bisa hadir di setiap rumah di Indonesia sebagai bagian dari kebutuhan gaya hidup modern, sehat dan ramah lingkungan setiap keluarga di Indonesia. Bila itu terjadi, maka saya yakin Tupperware akan bisa mengubah banyak hidup wanita Indonesia dan keluarganya menjadi lebih baik lagi,” tambah Nining W. Pernama.

Tupperware juga meluncurkan Showroom ketiganya di South Quarter Dome lantai LG, Cilandak, Jakarta Selatan.. Beragam aktifitas seru digelar di Tupperware Showroom. Mulai dari Celebrity Chef Show, cooking class, cooking demo, party komunitas, dan Tupperware Experience. Dengan Garansi Seumur Hidup yang diberikan Tupperware, Anda bahkan bisa menukarkan produk Tupperware yang rusak atau cacat (dalam pemakaian normal) dengan hanya mendatangi langsung Tupperware Showroom.

Terdapat pula Showroom lainnya di Jakarta yakni di Mall Taman Anggrek lantai 3 dan Pondok Indah Mall South Skywalk lantai 2. Tupperware juga mengundang masyarakat umum terutama komunitas ibu-ibu untuk melakukan arisan di Tupperware showroom. Dengan mendaftarkan komunitas untuk melakukan arisan di showroom, ibu-ibu bisa mendapatkan Tupperware experience dan produk menarik dari Tupperware. Tupperware akan selalu mengikuti trend dan solusi bagi kebutuhan gaya hidup konsumen di Indonesia. Tupperware, "Live smart, live confident".